fbpx

Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”
(Jasmerah, Soekarno, 1966)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Shalom
Om Swastyastu
Namo Buddhaya
Salam Kebajikan 

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air

Penggalan Kalimat di atas adalah ucapan dalam pidato Presiden Soekarno pada HUT Kemerdekaan Indonesia Tanggal 17 Agustus 1966.

Pidato tersebut menyiratkan bahwa sebagai bangsa jangan sampai kita melupakan sejarah. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta merupakan salah satu institusi pendidikan yang lahir dari perjalanan sejarah yang panjang dan memberi kontribusi nyata dalam upaya mencerdaskan anak bangsa di awal kemerdekaan hingga saat ini. Seperti yang kita ketahui, Pendidikan merupakan pondasi penting bagi sebuah bangsa dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing bangsa di kancah dunia. Upaya pencerdasan bangsa telah dijamin oleh negara melalui amanat konstitusi UUD 1945 dan Pancasila.

Dalam rangka menyambut globalisasi dan perubahan yang kerap kali datang begitu cepat, kami berkomitmen menjadi salah satu kampus nasionalis yang senantiasa mengembangkan sikap nasionalisme dan patriotisme baik mahasiswa, dosen, jajaran rektorat dan para karyawan. Hal tersebut kami anggap penting dan kami berkeyakinan teguh bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lantas membuat suatu bangsa melupakan akar budaya dan sejarahnya. Bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang menghargai akar budaya dan sejarahnya.

Kami berkomitmen untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dari Sabang sampai Merauke melalui pembelajaran dan perkuliahan di kampus merah putih, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Kami memiliki 16 Program Studi Sarjana, Profesi, 1 program studi magister dan 1 program studi doktoral yang tersebar di 5 Fakultas. Kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian) berjalan dengan baik melalui dukungan SDM Dosen dan Tenaga Kependidikan serta dukungan sarana-prasarana serta komitmen jajaran pimpinan universitas dan yayasan untuk mewujudkan visi sebagai salah satu kampus terbaik yang menjujung nilai-nilai pancasila dan nasionalisme serta membekali lulusan dengan skill entrepreneurship, teknologi informasi, leadership dan bahasa asing. Kegiatan Kemahasiswaan diwujudkan melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM) baik bidang olahraga, seni dan penalaran. Selain itu adapula wadah organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi yang tersebar di berbagai prodi sebagai wadah mahasiswa untuk belajar berorganisasi sehingga kelak dapat tampil sebagai pemimpin di masa depan.

Semoga apa yang kami perbuat dapat menjadi sumbangsih bagi terangnya mercusuar ilmu pengetahuan di Indonesia maupun dunia.

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan.

Terima kasih, UTA JAYA …..

MERDEKA