Sasaran strategis ini disusun berdasarkan Visi FT UTA ‘45 Jakarta, isu strategis 2016-2020, tantangan masa depan dan pertimbangan atas sumber daya dan infrastruktur fakultas yang dimiliki oleh FT UTA ‘45 Jakarta. Dalam kurun waktu 4 tahun (2018-2020) kedepan diharapkan FT UTA ‘45 Jakarta akan dapat mencapai sasaran strategis seperti di bawah ini:

  1. Pada tahun 2018 sampai dengan 2020 seluruh Program studi berakreditasi B
  2. Pada tahun 2020 memiliki Lulusan yang bermutu dapat langsung diserap di Industri`
  3. Pada tahun 2020 Dosen memiliki karya ilmiah tingkat Nasional dan Internasional.
  4. Pada Tahun 2020 setiap Dosen FT UTA’45 melakukan pengabdian Masyarakat berbasis`
  5. PenelitianPada tahun 2020 Fakultas memilki unit bisnis sebagai upaya untuk menunjang kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

Daya dukung untuk mencapai strategis tersebut adalah

  1. Peningkatan kecepatan dan keakurasian pelayanan administrasi akademik.
  2. Peningkatan mutu proses belajar mengajar.
  3. Percepatan masa tunggu.
  4. Peningkatan kegiatan penelitian.
  5. Peningkatan kegiatan pengabdian masyarakat.

Strategi Dasar

Pencapaian misi UTA ‘45 Jakarta khususnya FT UTA ‘45 Jakarta tidak akan dapat dilakukan tanpa adanya dukungan dari semua pihak di lingkungan UTA ‘45 Jakarta. Selain itu juga, terbatasnya sumber daya yang dimiliki dan untuk mengoptimalkan penggunaannya, maka integrasi sangatlah diperlukan. Dengan demikian perlu membuat strategi dasar dengan beberapa kelompok.

Strategi pertama yakni integrasi, pengelolaan sumber daya dan infrastruktur akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bersama (resource sharing). Strategi kedua adalah peningkatan kecepatan dan keakurasian pelayanan administrasi akademik. Untuk mencapai hal ini diperlukan pengembangan jaringan informasi (hardware) yang akurat, tertatanya arsitektur jaringan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan UTA ‘45 Jakarta khususnya FT UTA ‘45 Jakarta. Kerjasama dengan supplier IT untuk pengembangan sistem informasi (software).

Strategi ketiga adalah peningkatan mutu proses belajar mengajar. Tentunya hal ini tidak akan dapat direalisasikan tanpa adanya kegiatan proses pembelajaran yang baik dan berkualitas. Strategi ini didukung oleh pengembangan fisik gedung, prosedur kerja, baku mutu, penjaminan mutu internal, teknologi proses belajar mengajar, fasilitas perpustakaan, seminar dan workshop serta pengiriman dosen untuk studi lanjut.

Strategi keempat adalah peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Dimulai dengan penguatan kemampuan dosen dalam penulisan proposal, berkompetisi dalam mendapatkan pendanaan dari lembaga pemerintah dan industri. Pengabdian masyarakat harus berlangsung sesuai bidang ilmu atau terintegrasi antara beberapa bidang ilmu serta berkesinambungan. Untuk itu memerlukan payung hukum MOU dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara serta penentuan wilayah binaan untuk fakultas atau universitas.

Strategi kelima adalah percepatan masa tunggu. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk ikut serta memecahkan masalah penggangguran yang dihadapi oleh bangsa dan negara Indonesia. Perlu didukung lembaga yang sudah dibentuk oleh UTA ‘45 Jakarta seperti career center, serta pengembangan kerjasama dengan pengguna lulusan dalam bidang rekrutmen. Pada akhir tahun 2020, kita mengharapkan langkah-langkah strategis pelayanan administrasi yang cepat dan akurat, mutu proses belajar dan mengajar yang baik, penelitian bertaraf Internasional dan pengabdian masyarakat yang bermanfaat untuk masyarakat sebagai implementasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa. Masa tunggu yang pendek bagi para lulusan bermuara pada terbangunnya FT UTA ‘45 Jakarta electronic faculty, sistem akreditasidan penjaminan mutu, serta berlangsungnya link and match. Berjalannya ketiga hal tersebut  sangat penting untuk mewujudkan FT UTA ‘45 Jakarta sebagai salah satu fakultas dari Universitas swasta yang terbaik di Inonesia.

Strategi Pencapaian
Tahap 1 2010 sampai dengn 2012 Pembenahan Administrasi dan SDM untuk memenuhi standar minimal PT

Pada tahap ini Fakultas dengan pimpinannya saat itu membuat evaluasi terhadap sistem administrasi dengan menitik beratkan membenahi sistim administrasi keuangan dan akademik secara menyeluruh atas dukungan rektorat dan yayasan. Pada tahap ini kegiatan administrasi dan akademik mulai dilakukan dengan berbasis sistim informasi, pada tahap iniyayasan berinvestasi dalam bidang sistim komputer. Dengan adanya sistem informasi ini pelayanan kepada mahasiswa semakin optimal.

Tahap II 2012 samapai dengan 2015 : Rekruitmen SDM dan pengembangan sistim informasi dan sarana prasarana

Pada tahap ini fakultas teknik yang terdiri dari 3 Program Studi Teknik mesin, Teknik Elektro dan Teknik Sipil yang selanjutnya disebut (MES), menitikberatkan pengembangan pada sumberdaya yang ada meliputi Dosen Tetap, Dosen Tidak Tetap, tenaga Administrasi.

Pengembangan SDM terutama dosen tetap dengan tujuan untuk menghasilkan karya karya yang bermanfaat bagi bangsa dan mengangkat nama baik institusi dalam bidang riset. Luaran riset yang ditargetkan pada tahap ini adalah masih bersekala nasional.

Tahap III 2016 sampai dengan 2020 : Pengembangan inovasi dan hasil karya

Tahap ini Fokus pengembangan fakultas adalah pengembangan dosen serta, untuk mencapai salah satu fakultas swasta terbaik di wilayah Indonesia, membuat pondasi untuk mengembangkan diri menjadi kampus yang unggul dalam bidang pendidikan, dimana adanya penerapan atau implementasi penjaminan mutu (quality assurance) dan mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif bagi proses pembelajaran. Standar nasional DIKTI yang menjadi rujukan akan terus dikembangkan sehingga menjadi fakultas yang melebihi Standar Perguruan Tinggi yang komprehensif (24 SN DIKTI, 3 SN PT).

Adanya penemuan pada penelitian menjadi salah satu sumber penting dalam mengembangkan program studi, kurikulum dan proses pembelajaran yang berbasis keunikan program studi. Oleh karena itu, akses terhadap hasil-hasil penelitian akan terus diperluas, sementara kajian keunikan lokal perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh. Beberapa strategi dasar, kebijakan dasar dan indikator kinerja yang diperlukan untuk mendukung tahap ini.

Penelitian dan inovasi oleh sumber daya yang tersedia tersebut juga sekaligus dimaksudkan untuk membangun reputasi, kredibilitas, dan salah satu alternatif sumber pendanaan FT UTA ‘45 Jakarta atau penelitian yang menjadi keunggulan bersaing. Indikator kinerjanya adalah peran fakultas semakin kuat dalam proses pengembangan prodi terutama dalam mengupayakan perbaikan sarana dan prasarana, SDM, kurikulum masa beroreantasi masa depan, kerja sama antar institusi, serta pengembangan lainya yang mengedepankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE