Site icon UTA'45 Jakarta

Ketahui 5 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Pemerintahan

Sebagai calon mahasiswa baru, memilih jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan pasti menjadi hal yang pertama kamu pikirkan. Selain tidak ingin salah jurusan, kamu juga tentunya setelah lulus bisa dengan mudah mendapat pekerjaan dengan penghasilan yang lumayan. Pertimbangkan untuk mengambil jurusan ilmu pemerintahan. Lulusan jurusan ilmu pemerintahan berkesempatan untuk masuk ke birokrasi serta turut menjalankan roda pemerintahan. Simak peluang kerja sarjana ilmu pemerintahan di bawah ini!

Aparat pemerintahan

Lulusan jurusan ilmu pemerintahan tidak akan jauh-jauh pekerjaannya dari pemerintah dan birokrasi. Kamu bisa terlibat secara aktif dan ikut menjalankan roda pemerintahan baik di pusat maupun daerah. Bekerja sebagai aparat pemerintahan berarti kamu bisa ikut menetapkan kebijakan pemerintahan, mengatur jalannya pemerintahan, serta memberikan solusi dari masalah yang ada di pemerintahan.

Pekerjaan ini sangat menjanjikan karena kamu pasti sudah paham berapa pendapatan yang didapat oleh aparat pemerintahan.

Anggota legislatif

Ketika memilih jurusan ilmu pemerintahan, maka semenjak awal semester kamu sudah dibekali dengan cara berpikir strategis untuk menentukan kebijakan pemerintah. Dengan ilmu cara berpikir strategis, kamu bisa berkontribusi untuk membentuk pemerintahan yang efektif serta bisa menyejahterakan rakyat.

Anggota partai politik

Partai politik menjadi salah satu penggerak roda pemerintahan yang tidak dapat dipisahkan. Partai politik menjadi wadah bagi siapapun untuk bisa menyalurkan pikiran serta aspirasinya sesuai dengan visi misi yang dibawa oleh parpol tersebut. Posisi sebagai anggota partai politik menjadi pekerjaan yang banyak diincar oleh masyarakat bahkan tak sedikit pula artis Indonesia yang mulai masuk dalam birokrasi pemerintahan.

Untuk bisa menjadi anggota partai politik yang memang kredibel serta kapabel, kamu bisa lebih dulu mempelajarinya dengan mengambil jurusan ilmu pemerintahan.

Konsultan pemerintahan

Menjalankan pemerintahan tidak lepas dari hambatan yang muncul di setiap langkahnya. Untuk itulah perlu adanya orang yang berperan sebagai konsultan. Tugas seorang konsultan adalah untuk memberikan masukan dan merumuskan strategi yang akan dijalankan. Konsultan juga dibutuhkan jika pemerintahan mengalami masalah khusus yang harus segera dicari solusinya agar bisa kembali berjalan dengan baik.

Tenaga pendidik/dosen

Jika kamu tidak ingin mengimplementasikan langsung ilmu yang kamu dapat dengan bekerja di pemerintahan, kamu bisa membaginya dengan orang lain dengan cara menjadi tenaga pendidik di universitas. Dosen ilmu pemerintahan akan sangat dicari karena memiliki pengetahuan yang luas tentang seluk beluk pemerintahan baik dari sgei teori maupun praktek. Namun, ketika kamu ingin menjadi dosen jurusan ilmu pemerinthan, maka kamu harus menempuh pendiidkan yang lebih tinggi dari sarjana.

Nah, sangat menjanjikan bukan peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan ilmu pemerintahan? Jurusan ilmu pemerintahan ini hampir ada di semua universitas yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Salah satu universitas yang memiliki jurusan ilmu pemerintahan adalah UTA ’45 Jakarta. Disini kamu bahkan berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa selama masa studi. Sangat menarik kan? Semangat menentukan jurusan kuliah ya!