Site icon UTA'45 Jakarta

Kuliah Administrasi Publik Punya Prospek Karir yang Menjanjikan

Jurusan Administrasi Publik memberi kesempatan untuk kamu mempelajari ilmu tentang lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Dalam jurusan ini, kamu juga akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan publik, seperti kebijakan publik hingga manajemen publik. Nah, sebagai salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati, administrasi publik juga mempunyai prospek karir yang menjanjikan. Penasaran dengan prospek karir lulusan Administrasi Publik? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Manfaatkan pengetahuan tentang jurusan administrasi publik untuk jadi jurnalis

Kamu mungkin sudah tahu bahwa lulusan administrasi publik memiliki peluang besar untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Tapi, tidak hanya itu saja kok yang bisa kamu lakukan. Sebagai lulusan jurusan Administrasi Publik kamu juga bisa jadi jurnalis, lho. Terutama pada pos polituk maupun pemerintahan. Sebagai jurnalis di pos tersebut, kamu berkesempatan untuk bersikap kritis terhadap berbagai kebijakan publik yang dibahas oleh pemerintah. Dengan begitu, berita yang kamu tulis sebagai jurnalis akan semakin tajam dan berimbang.

Menjadi aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Apakah keputusanmu untuk kuliah di jurusan Administrasi Publik berkaitan dengan ketertarikanmu pada kehidupan masyarakat umum? Jika iya, maka bekerja prospek kerja sebagai aktivis LSM ataupun organisasi masyarakat patut kamu pertimbangkan. Sebagai lembaga yang menyediakan layanan pada masyarakat umum secara sukarela, LSM biasanya membantu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Bekal pengetahuan tentang membuat masyarakat ideal dengan kebijakan efektif membuat lulusan jurusan ini tepat mengisi LSM secara aktif dan produktif.

Menjadi anggota partai politik

Ingin membawa perubahan di kehidupan masyarakat saat ini? Menjadi anggota partai politik mungkin adalah salah satu cara yang bisa kamu ambil sebagai lulusan jurusan Administrasi Publik. Jurusan yang menjadikan proses pembuatan kebijakan sebagai salah satu materi pembelajarannya ini membuat pilihan menjadi anggota partai politik cocok dipertimbangkan. Terlebih lembaga legislatif memiliki peran besar dalam bidang pembuatan kebijakan. Dengan menjadi anggota partai politik, kamu bisa membuat kebijakan yang dapat membantu dan berpihak terhadap publik.

Bekerja di lembaga riset sebagai peneliti

Indonesia mempunyai sejumlah lembaga riset yang bisa menjadi prospek kerja bagi lulusan jurusan Administrasi Publik. Kebutuhan akan lulusan dari jurusan ini cukup besar mengingat pemerintah Indonesia tentu mempunyai kendala dalam menjalankan proses kebijakan publik. Nah, dengan bekerja di lembaga riset sebagai peneliti kamu bisa kamu bisa memberikan masukan kepada pemerintah untuk menciptakan pelayanan birokrasi yang jauh lebih baik. Pemerintah pun sering menggandeng lembaga riset untuk mendapat masukan-masukan berharga yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan.

Lulusan jurusan Administrasi Publik juga bisa jadi akademisi

Menjadi PNS tentu merupakan pilihan menarik bagimu yang ingin memanfaatkan ilmu-ilmu yang kamu pelajari selama menempuh pendidikan S1 sebagai mahasiswa jurusan Administrasi publik. Namun, bila bagimu karir sebaagi pegawai pemerintah bukanlah jalan yang tepat, kamu masih bisa memilih prospek kerja lainnya. Termasuk menjadi seorang akademisi. Melalui profesi sebagai akademisi, kamu berkesempatan untuk mebagikan berbagai ilmu administrasi publik yang kamu miliki kepada anak-anak didikmu.

Beberapa prospek karir lulusan jurusan Administrasi Publik di atas bisa kamu pertimbangkan. Pastikan saja kamu memilih karir yang memang ingin kamu geluti untuk dapat melakukan pekerjaan dengan optimal nantinya, ya.