Site icon UTA'45 Jakarta

Kegiatan Seminar Persiapan Kerja “Career Development Discussion Forum: Tips and Tricks to Get a Job”

Unit Career Center UTA’45 Jakarta telah mengadakan kegiatan seminar persiapan kerja dengan topik “Career Development Discussion Forum: Tips and Tricks to Get a Job” bekerja sama dengan tim dari PT Sumberdaya Dian Mandiri pada hari Selasa, 5 September 2023 pukul 10.30-14.00 WIB secara luring di Gedung Perkuliahan Lantai 1 Ruangan 107. Acara ini dihadiri total 20 peserta.

Acara kegiatan seminar persiapan kerja ini diselenggarakan guna mempersiapkan mahasiswa dan calon lulusan agar dapat membuat Curriculum Vitae (CV) dengan baik sehingga bisa lolos dalam tahapan screening CV dan mempersiapkan mahasiswa dan calon lulusan dalam menghadapi interview kerja dengan diberikannya tips dan trik serta melalui kegiatan simulasi interview kerja.

Acara dimulai oleh Bapak Yanuar Rahmadan, S.IP., M.A. selaku Manager Career Center UTA’45 Jakarta. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh Bapak Muhammad Akbar, selaku Account Officer dari PT Sumberdaya Dian Mandiri. Bapak Muhammad Akbar memberikan berbagai tips dan trik cara membuat CV sehingga mahasiswa dan calon lulusan UTA’45 Jakarta bisa lolos dari tahapan screening CV saat melamar pekerjaan. Beberapa tips yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Akbar diantaranya yaitu dengan membuat CV yang informatif dan mencerminkan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan yang dilamar, gunakan foto bergaya formal, hanya tulis maksimal dua (2) pendidikan terakhir, bila belum memiliki pengalaman bekerja maka bisa dimasukkan pengalaman organisasi maupun pengalaman menjadi volunteer, serta cantumkan skill yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Sesi dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait tips dan trik menghadapi interview kerja. Bapak Muhammad Akbar menjelaskan bahwa mahasiswa dan calon lulusan UTA’45 Jakarta harus mulai membiasakan diri melakukan perawatan penampilan diri serta menjaga sikap dan perilaku sesuai etiket dan etika sebelum menghadapi interview kerja. Hal ini mengingat first impression baik dari segi penampilan maupun perilaku juga menjadi salah satu kriteria penilaian calon karyawan. Lebih lanjut, Bapak Muhammad Akbar menekankan pentingnya hal-hal detail yang juga harus diperhatikan saat interview kerja, seperti ekspresi wajah harus menunjukkan

raut normal dan optimis namun tetap rileks, postur dan gestur saat berdiri maupun duduk harus tetap diperhatikan, gunakan positive words dan usahakan terjalin komunikasi dua (2) arah saat berlangsungnya interview, dan tetap perhatikan intonasi suara yang harus jelas. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan hal-hal detail tersebut saat menghadapi interview kerja, pada sesi terakhir juga diberikan kesempatan kepada peserta kegiatan seminar untuk melakukan simulasi interview kerja dengan tim dari PT Sumberdaya Dian Mandiri. Terakhir, diberikan feedback bagi mahasiswa dan calon lulusan sehingga peserta kegiatan dapat terus memperbaiki diri dan dapat menerapkan tips dan trik dalam menjalankan interview kerja di perusahaan.

Sesi diakhir dengan sesi tanya jawab dan sesi dokumentasi. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan calon lulusan UTA’45 Jakarta untuk lebih percaya diri lagi dalam memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki dan memanfaatkan setiap kegiatan untuk memupuk skills selama masa perkuliahan di UTA’45 Jakarta guna siap untuk bersaing dalam angkatan kerja ketika lulus dari UTA’45 Jakarta kelak dengan menerapkan hal-hal yang telah didapatkan dalam kegiatan ini.