Site icon UTA'45 Jakarta

Kegiatan Pelatihan Persiapan Kerja “How to Impress HR Person and to Succeed in an Interview Session”

Unit Career Center UTA’45 Jakarta telah mengadakan kegiatan pelatihan persiapan kerja dengan topik “How to Impress HR Person and to Succeed in an Interview Session” bekerja sama dengan PT Computrade Technology International (PT CTI Group) pada hari Senin, 19 Juni 2023 pukul 13.30-15.00 WIB secara daring via Zoom Meeting. Acara ini dihadiri total 28 peserta.

Acara kegiatan pelatihan persiapan kerja ini dibuka dengan kata sambutan dari Wakil Rektor III UTA’45 Jakarta, Bapak Ahmad Rofii, S.T., M.T. yang menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan hari ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir dan diharapkan kerja sama yang telah terjalin antara Career Center UTA’45 Jakarta dengan PT Computrade Technology International (PT CTI Group) bisa tetap berlanjut dengan baik dan bisa mengadakan agenda kegiatan lanjutan di kemudian hari.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ibu Samantha Georgine, selaku Talent Acquisition Officer dari PT Computrade Technology International (PT CTI Group) terkait topik pelatihan kali ini. Ibu Samantha memaparkan bahwa “willingness & dedication” menjadi salah satu nilai yang harus dimiliki oleh pelamar kerja saat menjalani sesi interview. Hal ini menjadi penting dikarenakan orang HR hanya memiliki span waktu yang sangat singkat dan terbatas kepada masing-masing calon karyawan sehingga penting untuk membentuk opini yang positif. Selain itu, para peserta kegiatan diberikan beberapa tips yang bisa diaplikasikan. Misalnya, sebelum datang dan menjalani proses interview, para pelamar kerja harus melakukan berbagai persiapan seperti berpakaian rapih dan profesional guna memberikan impresi yang positif dimana orang HR. Selain itu, riset terkait perusahaan dan posisi yang kita lamar menjadi salah satu hal yang juga harus dilakukan. Merangkai kalimat-kalimat yang bisa menggambarkan skill- set atau kemampuan dan kelebihan kita juga harus dilatih sebelum pelamar kerja datang ke
sesi interview.

Selain itu, saat proses interview, pelamar kerja juga harus engage atau terlibat dengan interviewer. Hal ini berarti menjawab secara antusias dan tepat seluruh pertanyaan dari interviewer. Hal ini juga bisa ditunjukkan melalui: datang ke tempat interview tepat waktu, menggunakan body language (bahasa tubuh) yang positif, serta bertanya kepada interviewer

terkait hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan dan posisi yang dilamar. Sesi penyampaian materi kemudian diakhiri dengan penjelasan terkait profil PT CTI Group itu sendiri, mulai dari value perusahaan, apa yang PT CTI Group dari seorang calon karyawan, kesempatan internship maupun lowongan kerja yang bisa dilamar oleh peserta kegiatan, dsb.

Tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini diharapkan mahasiswa maupun alumni UTA’45 Jakarta mampu memahami tips dan trik untuk bisa membuat orang HR terkesan dalam sesi interview kerja. Sehingga dengan bekal ilmu yang didapat ini, mahasiswa maupun alumni UTA’45 Jakarta bisa lebih bersaing di tengah persaingan angkatan kerja yang semakin kompetitif saat ini.