Site icon UTA'45 Jakarta

Jurusan Teknik dengan Prospek Cerah

Dari berbagai macam jurusan kuliah untuk program studi IPA, fakultas teknik masih tetap diminati banyak kalangan mengingat prospeknya yang cukup menjanjikan di masa mendatang. Fakultas teknik sendiri memiliki jurusan yang berbeda-beda. Agar lebih mengetahui apa saja, berikut lima di antaranya yang menjadi favorit di masyarakat untuk kamu pertimbangkan.

Teknik Sipil

Pertama ada Teknik Sipil yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat hingga negara. Teknik Sipil adalah salah satu jurusan yang cukup lama ada di Indonesia. Di jurusan ini kamu akan mempelajari proses mulai dari merancang, membangun, serta merenovasi bangunan dan infrastruktur. Contohnya gedung, jembatan, jalan, dan bendungan.

Dalam jurusan Teknik Sipil, kamu juga mempelajari unsur bangunan, beton, baja, hingga aspal. Lulusan jurusan Teknik Sipil memiliki prospek yang cerah di masa mendatang mengingat banyaknya pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah. Hal ini tentu membutuhkan sarjana teknik yang mumpuni.

Teknik Elektro

Jurusan teknik kedua yang juga ramai peminatnya adalah Teknik Elektro. Seperti namanya, di sini kamu akan mempelajari segala jenis teori tentang kelistrikan. Tidak hanya teori saja, Teknik Elektro juga mempelajari ilmu-ilmu kelistrikan terapan untuk kehidupan sehari-hari. Materi yang dipelajari meliputi sumber pembangkit listrik, jaringan distribusi hingga pemanfaatan listrik.

Seiring berjalannya waktu, Teknik Elektro juga mengalami perluasan materi. Beberapa materi kelistrikan lainnya yang dipelajari antara lain adalah tentang radar, sonar dan navigasi. Ada pula tentang teknik robotika yang tentunya menarik untuk dipelajari sebagai penunjang kebutuhan kehidupan manusia di masa mendatang.

Teknik Mesin

Selanjutnya ada Teknik Mesin. Pada dasarnya, Teknik Mesin mempelajari fisik mekanis dalam fisika. Dalam Teknik Mesin inilah implementasi dan penerapan dari materi-materi fisika tersebut. Mulai dari analisis, desain mesin, manufaktur, hinga tentang pemeliharaan mesin. Materi lainnya yang perlu kamu kuasai di Teknik Mesin adalah mekanika, kinematika, teknik material dan termodinamika.

Bagi kamu yang suka dengan materi hitung-hitungan dan matematika, jurusan Teknik Mesin bisa kamu jadikan pilihan. Prospek lulusannya pun juga memiliki peluang cerah di masa mendatang mengingat banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan seperti perusahaan otomotif, manufaktur, teknologi, pertambangan, dan berbagai pekerjaan yang berhubungan erat dengan mesin-mesin.

Teknik Informatika

Kini muncul jurusan yang bisa dibilang cukup baru di teknik, yakni Teknik Informatika. Materinya adalah mempelajari dan menerapkan ilmu komputer dan analisis matematis untuk tujuan desain, pengembangan, pengujian dan evaluasi perangkat lunak. Sebagai bekal di jurusan ini, kamu harus menguasai pelajaran matematika tentunya.

Prospek jurusan ini di masa mendatang juga menjanjikan. Mengingat di era sekarang, hampir semua kehidupan manusia berhubungan dengan digital. Kamu dapat menjadi software engineer, developer, analis, hingga konsultan keamanan sistem dan jaringan komputer dalam sebuah perusahaan.

Teknik Industri

Teknik Industri bisa dibilang jurusan yang memiliki materi kuliah cukup komplek. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang proses industri mulai dari sisi manajemennya hingga teknik. Fokusnya lebih kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sebuah sistem yang terintegrasi. Terutama sistem yang berhubungan dengan hubungan antara pekerja, mesin, material, peralatan, dan energi lainnya.

Hal-hal di atas banyak ditemukan khususnya dalam industri manufaktur sehingga lulusan Teknik Industri memiliki peluang yang cukup lebar dengan prospek cerah di masa mendatang. Kamu juga bisa menjadi pengawas di sebuah perusahaan yang bertugas mengawasi seluruh aset perusahaan khususnya mesin produksi dan pengembangannya.

Bagaimana, sudah tahu kan sekarang jurusan di fakultas teknik yang menjadi idaman dan memiliki prospek cerah? Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kampus terbaik untuk dapat kuliah di jurusan tersebut, ya.