Site icon UTA'45 Jakarta

Ini 5 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Selain kualitas, pertimbangan utama lain dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja setelah lulus kelak. Namun, tidak sedikit para orang tua maupun generasi muda yang ingin melanjutkan kuliah merasa bingung akan hal tersebut. Agar tidak salah langkah memilih jurusan, beriku lima jurusan kuliah yang memiliki prospek menjanjikan cepat kerja.

Adiministrasi Bisnis

Jurusan pertama adalah Administrasi Bisnis. Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari semua seluk beluk tentang dunia bisnis seperti bagaimana mengelola keuangan, mengelola sumber daya, sampai pemasaran produk. Selain mendapatkan teori, biasanya ada pula program pengaplikasian teori tersebut melalui kegiatan KKN atau magang.
Prospek jurusan ini di dunia kerja meliputi staff administrasi, manajemen perusahaan, staff HRD, sampai staff pemasaran. Posisi inilah yang sering banyak perusahaan cari dari lulusan Administrasi Bisnis karena mereka dinilai lebih mumpuni. Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan bisnis andal atau membuka usaha sendiri.

Teknik Elektro

Dalam kehidupan sehari-hari, semua kegiatan tidak bisa terlepas dari elektronika. Karena itulah mengapa banyak lulusan Teknik Elektro dibutuhkan oleh perusahaan maupun instansi lainnya. Cakupan teknik elektro sendiri cukup luas, seperti teknik komputer, telekomunikasi, listrik, dan sebagainya. Materi-materi tersebut dipelajari semasa kuliah, jadi saat masuk di dunia kerja, lulusan Teknik Elektro memiliki kemampuan andal yang sesuai kebutuhan dalam bidang elektronika.
Pekerjaan yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro biasanya perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan kelistrikan seperti PLN. Setiap instansi juga membutuhkan sarjana Teknik Elektro untuk keperluan jaringan elektronik. Teknik Elektro berdampingan dengan Teknik Mesin, jad, peluang kerja keduanya sama-sama besar dan saling melengkapi.

Teknik Sipil

Satu lagi jurusan teknik yang banyak dicari oleh perusahaan adalah Teknik Sipil. Bahkan ada yang menyebut jurusan Teknik Sipil adalah bagian terpenting dari pembangunan negara karena ilmu yang ada dalam jurusan Teknik Sipil banyak diaplikasikan oleh para lulusannya untuk membangun infrastruktur umum. Contohnya seperti jembatan, jalan raya, dan sebagainya.
Lulusan Teknik Sipil banyak dilirik oleh perusahaan besar baik swasta maupun BUMN, terutama kontraktor. Tidak hanya itu, lulusan Teknik Sipil juga berpotensi mendapatkan penghasilan tinggi. Apalagi kalau kamu menguasai teknik infrastruktur, bukan tidak mungkin akan mendapatkan proyek besar dengan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Hukum

Biasanya banyak orang berpikir jika lulusan jurusan Hukum hanya berpeluang menjadi seorang pengacara. Namun, selain pengacara, jurusan Hukum memiliki banyak peluang kerja lainnya. Baik di sebuah perusahaan besar maupun instansi tentu memerlukan lulusan Hukum dalam berbagai macam urusan yang berkaitan dengan perjanjian, kontrak, dan tender.
Adapun prospek dari lulusan Hukum di antaranya kamu bisa menjadi seorang staff legal atau staff HRD di perusahaan. Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan hukum ataupun menjadi notaris. Selain itu, jika ingin berkarir di pemerintahan, peluangnya juga cukup besar. Misalnya menjadi seorang diplomat atau staff pengajar di universitas bergengsi.

Ilmu Sosial dan Politik

Sama halnya dengan jurusan Hukum, banyak orang beranggapan bahwa jurusan Ilmu Sosial dan Politik hanya mencetak seorang politikus. Kenyataannya, tidak hanya dalam dunia politik, lulusan Ilmu Sosial dan Politik memiliki prospek peluang kerja yang luas. Baik sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil, instansi, lembaga pemerintahan, bahkan media.
Kamu juga bisa berpeluang kerja di perusahaan dan lembaga internasional karena dalam Ilmu Sosial dan Politik kamu akan mempelajari ilmu komunikasi dan hubungan masyarakat. Alhasil, cukup banyak perusahaan dan lembaga mencari lulusan Ilmu Sosial dan Politik sebagai staff public relation dan jabatan lain yang berhubungan dengan administrasi masyarakat.

Itulah lima jurusan dengan prospek yang menjanjikan setelah lulus kuliah nantinya. Untuk itu, agar kuliahmu semakin berkualitas, kamu bisa memilih kampus yang berkualitas pula dengan jurusan di atas.