Site icon UTA'45 Jakarta

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Perhatikan Ini Dulu!

Kuliah sambil kerja belakangan ini sering menjadi pilihan mahasiswa di Indonesia. Selain karena faktor ekonomi, bekerja saat masih berkuliah ternyata juga dianggap bisa memberikan tambahan pengalaman. Pengalaman yang didapat dari bekerja sambilan nantinya dapat dipakai saat akan mencari pekerjaan sesungguhnya nanti.

Dengan manfaat yang begitu banyak tentu tidak ada salahnya untuk kuliah sambil kerja. Namun tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu mengambil keputusan untuk kuliah dan kerja bersamaan. Untuk membantumu kuliah sambil kerja dengan lancar, coba perhatikan empat hal berikut ini.

Komunikasikan dengan orang-orang terdekat

Sebelum kamu mengambil keputusan untuk kuliah sambil kerja, komunikasikanlah hal tersebut pada orang-orang terdekat. Tanyakan pendapat mereka tentang keputusanmu untuk bekerja sambil kuliah. Terlebih saat kamu berkuliah dengan biaya dari orang tua. Komunikasikan pada mereka alasanmu kuliah sambil kerja.

Dengan ini mereka bisa memahami alasanmu kuliah sambil kerja. Mereka juga akan memaklumi saat waktumu untuk berkumpul akan berkurang. Bagaimanapun juga, saat kuliah dan kerja sekaligus, waktu yang kamu miliki tentu akan terbatas. Mengkomunikasikan keputusanmu di awal tentu akan membantu orang-orang terdekat untuk lebih memahamimu.

Manajemen waktu yang baik

Saat kamu kuliah sambil kerja, otomatis waktu yang dimiliki pun akan terbatas. Jika salah mengatur waktu, bisa-bisa tugas dan pekerjaanmu tidak akan terselesaikan. Untuk itu, buatlah manajamen waktu yang baik. Kamu harus tahu kapan mengerjakan tugas, kapan harus beristirahat, dan kapan harus  bekerja.

Buatlah jadwal atau agenda yang berisi kegiatanmu sehari-hari. Tulis dengan informasi yang detail untuk memudahkanmu. Jika perlu buat reminder untuk hal-hal penting seperti deadline pengumpulan tugas atau laporan kerja. Setelah membuat jadwal, jangan hanya dibaca. Kamu juga harus menepatinya dan selalu disiplin mengikuti jadwal.

Buat target yang jelas untuk keduanya

Terkadang manusia akan sulit untuk bisa mengatur waktu tanpa adanya target yang jelas. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, cobalah buat target yang jelas baik untuk perkuliahan maupun pekerjaan. Buat target yang jelas dan realistis sehingga kamu terus termotivasi untuk mencapai target-target tersebut.

Misalnya untuk perkuliahan kamu bisa membuat target lulus di tahun 2019. Di pekerjaan kamu bisa membuat target seperti harus sudah pulang kerja sebelum pukul 5 sore. Kamu juga bisa membuat target lain yang membuatmu bersemangat semacam pergi nonton bersama teman kalau bisa dapat nilai A, dan semacamnya. Hal-hal kecil seperti ini bisa menjadi bentuk apresiasi yang menyenangkan untukmu.

Pertimbangkan kelas karyawan

Ingin perkuliahan yang tidak mengganggu waktu kerjamu? Coba pertimbangkan universitas yang menawarkan kelas karyawan. Biasanya kelas karyawan akan diselenggarakan di waktu-waktu yang tidak bertabrakan dengan jam kerja (di malam hari atau di akhir pekan). Dengan cara ini konsentrasimu saat kuliah dan kerja pun tidak akan terpecah.

Pilihlah kelas karyawan dengan jurusan yang sesuai dengan minatmu. Jika belum memiliki bayangan mana universitas yang harus dimasuiki, kamu bisa bertanya pada teman yang kuliah sambil kerja. Mencari informasinya sendiri lewat internet juga bisa dilakukan karena sekarang sudah banyak universitas yang membuka pendaftaran secara online.

alah satunya ada UTA ’45 Jakarta. Kelas karyawan yang ditawarkan oleh UTA ’45 Jakarta dibuka untuk umum dengan waktu perkuliahan sore dan malam. PIlihan jurusannya pun sangat variatif, mulai dari ekonomi, farmasi, hukum, hingga teknik. Tersedia juga pilihan pasca sarjana untuk kamu yang ingin meneruskan pendidikan hingga jenjang S2!