Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Visi

Tahun 2020 menjadi Salah Satu  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Swasta Terbaik di Indonesia dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bersinergi dengan kegiatan wirausaha berbasis bidang Ilmu Sosial dan Politik Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan profil lulusan yang sesuai dengan keunikan program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada problem solving dan sesuai dengan keunikan program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan sesuai dengan keunikan program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik.
  4. Menyelenggarakan kegiatan wirausaha berbasis bidang ilmu dan sesuai dengan keunikan program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila

Tujuan

  1. Menghasilkan profil lulusan yang memiliki kompetensi sesuai keunikan kurikulum program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik.
  2. Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada problem solving serta sesuai dengan keunikan program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik.
  3. Memberdayakan masyarakat melalui program – program pengabdian masyarakat yang sesuai dengan keunikan program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik.
  4. Menghasilkan pendapatan tersendiri di luar pendapatan masuk dari biaya kuliah, untuk mendukung pembiayaan tridarma perguruan tinggi, menuju pencapaian kemandirian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sasaran

Adapun sasaran dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa à Lulusan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan keunikan program Studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik.
  2. kualifikasi lulusan > 80% tepat waktu
  3. Rata-rata IPK> 3.00
  4. Rata rata masa penyelesaian tugas akhir atau skripsi ≤ 6
  5. Masa tunggu lulusan sebelum bekerja ≤ 6 bulan
  6. 80% lulusan bekerja sesuai dengan keahlian masing masing program stud
  7. Dosen à Sebanyak 100% dosen tetap melakukan satu penelitian setiap semester sesuai dengan kepakaran dosen dan penciri masing – masing program studi.
  8. Sebanyak 60 % dosen Studi lanjut sesuai bidang keahliannya
  9. Sebanyak 20 % sudah menyelesaikan S3
  10. Sebanyak 90 % telah memperoleh Sertifikasi Dosen
  11. Sebanyak 100% hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal ilmiah.
  12. Sebanyak 20% dari hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal nasional ber ISSN atau dimuat di prosiding seminar nasional / internasional.
  13. Sebanyak 40% dari hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal nasional terakreditasi.
  14. Sebanyak 40% dari hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal internasional bereputasi.
  15. Sebanyak 90% Dosen tetap medapatkan dana Hibah Dikti
  16. Sebanyak 100% kegiatan pengabdian masyarakat adalah tindak lanjut dari hasil penelitian dosen yang sesuai dengan keunikan program studi.
  17. Sebanyak 50% program studi telah memperoleh pendapatan lain di luar pendapatan yang berasal dari uang kuliah sebagai hasil program studi yang dikelola oleh business center.

 

ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

Program studi Ilmu Administrasi Publik memiliki penciri (konsentrasi) dalam bidang Kebijakan Publik dan Pemberdayaan Masyarakat. Lulusan Ilmu Administrasi Publik bisa bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada instansi pemerintah atau organisasi publik lainnya, manajer BUMN, analis kebijakan di sektor pemerintah, swasta maupun NGO, dosen dan fasilitator sosial. Untuk mendukung konsentrasi prodi tersebut, kami bekerjasama dengan berbagai instansi baik di sektor publik, swasta dan NGO, seperti LAN, Ombudsman, Badan Kepegawaian Negara (BKN), SWITCH Indonesia, dll. Kerjasama tersebut direalisasikan dalam berbagai penyelenggaraan pelatihan khusus analisis kebijakan, training of trainee bagi calon fasilitator sosial, dan kuliah tamu.

Lulusan bergelar Sarjana Ilmu Admnistrasi Publik (S.AP), Status prodi terakreditasi B.

 

 

ILMU PEMERINTAHAN

Program Studi Ilmu Pemerintahan mempunyai konsentrasi/penciri Manajemen Pemerintahan & Otonomi Daerah. Untuk memperdalam keilmuan dalam konsentrasi maka dilakukan kerjasama ke beberapa lembaga Pemerintahan dan swasta, Seperti Lembaga Kementerian Dalam Negeri, Ombudsman, Kementrian Sekretariat Negara, Kementrian Desa, Lembaga Penelitian dan berbagai lembaga lainnya. Realisasi Kerjasama salah satunya adalah menempatkan para mahasiswa melalui program Magang. Ilmu Pemerintahan juga menyelenggarakan Pelatihan dan Workshop seperti pengelolaan dana desa, Pelatihan Peningkatan kompetensi kepemimpinan dan pelayanan publik, pelatihan pelaksanaan dan penatausahaan anggaran daerah, pelatihan strategi dan pemasaran daerah tujuan wisata, pelatihan optimalisasi profesionalisme aparatur Pemda dan aparatur Desa, Pelatihan Government dan Public relation, Pelatihan Manajemen Kebijakan sektor Publik Pemerintahan Daerah. Lulusan bergelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP), Status prodi terakreditasi B

 

ILMU KOMUNIKASI

Program Studi Ilmu Komunikasi UTA 45 Jakarta saat ini memiliki 2 konsentrasi, yakni Public Relation dan Broadcasting. Fasilitas penunjang perkuliahan dilengkapi dengan Laboratorium Studio On Air Television milik Prodi Ilmu Komunikasi. Mahasiswa dibekali dengan berbagai pelatihan untuk menunjang profesionalitas Public Relation dan Broadasting yang meliputi Brand Activation dalam Integrated Marketing Communication, Jurnalism Public Relations, Online Public Relation Strategy, Media Conference and Table Manner, Political Public Speaking and Debate Training, Fotografi dalam Pendekatan Rasional dan Moral bagi Public Relation, serta pelatihan pembuatan produksi program TV dan Radio. Saat ini, Ilkom UTA 45 Jakarta telah menjalin banyak kerjasama dengan instansi pemerintah maupun perusahaan swasta dibidang Public Relation, seperti Kominfo, Sekretariat Negara, PR Agency, serta Perhotelan dan bidang Broadcasting yakni Industri TV, Radio dan Media Cetak. Lulusan bergelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom), Status prodi terakreditasi B.

 

ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Program studi Hubungan Internasional mempunyai konsentrasi/penciri Kajian Kawasan Asia Timur. Kegiatan pendidikan dan penelitian berorientasi kepada kemampuan problem solving yang dibekali dengan keahlian analitis, research, dan praktek diplomasi simulasi sidang. Untuk mewujudkan ini maka sejumlah insisatif dan program kerjasama dilakukan dengan sejumlah Institusi terkait. Upaya kerjasama diarahkan pada Kementerian Luar Negeri RI dan Kedutaan Besar atau perwakilan Negara Asia Timur seperti Cina, Korea Selatan atau Jepang. Di bagian lain, kerjasama juga berfokus pada pengembangan keahlian meneliti dan analisa melalui lembaga seperti Foreign Policy Community Of Indonesia (FPCI), hingga Pusat Kebudayaan Jepang dan Cina di Indonesia. Pengembangan program studi Hubungan Internasional bertumpu pada pelatihan, seminar atau workshop. Diantaranya adalah Simulasi Sidang United Nations dan Uni Eropa, Kursus Diplomatik Singkat (Short Diplomatic Course), Pelatihan penulisan Jurnal ilmiah, Kuliah Suplemen dalam Bahasa Inggris, hingga Pelatihan Bahasa Inggris dan Jepang.

Lulusan bergelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP), Status prodi terakreditasi B.

 

ILMU POLITIK

Program Studi Ilmu Politik UTA’45 Jakarta memiliki penciri POLITIK KEAMANAN, KEPARTAIAN & KEPEMILUAN. Dengan Penciri tersebut maka lulusan Prodi Ilmu Politik akan berkarir menjadi PNS Kemendagri, PNS Kementerian Polhukam, Badan Intelelijen Negara, anggota MPR, PNS Bakesbangpol, anggota Bawaslu, anggota KPU, anggota legislatif, dosen, pengamat politik, tenaga ahli DPR/DPRD/DPD, anggota LSM. Program Kerjasama yang telah dilakukan yakni kerjasama dengan MPR RI, kerjasama dengan Kesbangpol Propinsi DKI Jakarta, Kerjasama dengan Populi Center, kerjasama dengan Bawaslu, Kerjasama dengan KPU, kerjasama dengan Kemensetneg, kerjasama dengan Kementerian Polhukam, kerjasama dengan Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis. Guna membekali skill mahasiswa kami memfasilitasi dengan pelatihan seperti pelatihan (Polling and Rating, pelatihan tenaga ahli, public speaking, kampanye, simulasi sidang DPR/MPR, marketing politik, survey pemilu, dan manajemen bencana). Workshop yang telah dilakukan guna mempertajam penciri adalah workshop pengawasan partisipatif, pengawasan black campaign pada pemilu, reformasi sektor keamanan di Indonesia, Cyber Crime, pelembagaan partai di Indonesia, memahami perilaku pemilih pada pemilu.

Lulusan bergelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP), Status prodi terakreditasi B