ILMU ADMINISTRASI BISNIS

Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (PS-IAB) memiliki konsentrasi utama yaitu “Kewirausahaan”. Mahasiswa akan dibekali pengetahuan mengenai cara berbisnis. PS-IAB menjalin kerjasama dengan Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI), Pelindo (IPC), GoTrans, Panasonic, Lapantigalintas Buana, Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL). PS-IAB selalu melakukan kegiatan workshop kewirausahaan dalam setahun 2 kali.

Lulusan Prodi Administrasi Bisnis mendapat gelar kesarjanaan SAB (Sarjana Administrasi Bisnis). Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis memiliki Status Akreditasi B.

 

ILMU AKUNTANSI

Visi Prodi Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta:

Pada Tahun 2020 menjadi Salah Satu Program Studi Swasta Terbaik di Indonesia dalam penyelenggaraaan Tridharma Perguruan Tinggi bersinergi dengan kegiatan wirausaha dan berpedoman pada nilai nilai Pancasila.

Misi Prodi Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Tahun 2020:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran akuntansi perpajakan yang bermutu sesuai profil lulusan yang berlandaskan nilai nilai Pancasila.
  2. Menyelenggarakan penelitian akuntansi perpajakan yang berorientasi pada problem solving, sesuai yang berlandaskan nilai nilai Pancasila.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan keunikan program studi Akuntansi, yang berlandaskan nilai nilai Pancasila.
  4. Menyelenggarakan kegiatan wirausaha berbasis bidang ilmu, sesuai dengan keunikan program studi Akuntansi yang berlandaskan nilai nilai Pancasila.

Tujuan Prodi Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Tahun 2020:

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu sesuai profil lulusan program studi Akuntansi, yang berlandaskan nilai nilai Pancasila.
  2. Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada pemecahan solusi serta sesuai dengan kompetensi program studi Akuntansi, yang berlandaskan nilai nilai Pancasila.
  3. Menghasilkan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa binaan, melalui pemberdayakan masyarakat itu sendiri, dengan program – program pengabdian masyarakat dari program studi Akuntansi, yang berlandaskan nilai nilai Pancasila.
  4. Menghasilkan pendapatan tambahan di luar pendapatan dari biaya kuliah, guna mendukung pembiayaan tridarma perguruan tinggi, menuju pencapaian kemandirian Program Studi Akuntansi.

Sasaran dan strategi pencapaiannya Program Studi Akuntansi Tahun 2020:

  1. Lulusan memiliki kualifikasi yang bermutu sesuai dengan kompetensi program studi Hal ini didukung dengan kualifikasi lulusan > 80% tepat waktu dengan IPK> 3.00, rata rata masa penyelesaian tugas akhir atau skripsi ≤ 6, masa tunggu lulusan sebelum bekerja ≤ 6 bulan dan 80% lulusan bekerja sesuai dengan kompetensi masing masing program studi.
  2. Sebanyak 100% dosen tetap, melakukan 1 (satu) penelitian per semester, sesuai dengan kompetensi masing – masing dosen. Sebanyak 100% hasil penelitian dosen terpublikasi dalam jurnal ilmiah, dengan rincian 20% terpublikasi dalam jurnal nasional ber ISSN atau dimuat di prosiding seminar nasional maupun internasional, 80% terpublikasi dalam jurnal nasional terakreditasi atau terpublikasi dalam jurnal internasional bereputasi baik.
  3. Sebanyak 100% dosen tetap, melakukan 1 (satu) kegiatan pengabdian masyarakat per semester, sesuai dengan kompetensi keilmuan masing masing dosen. Setiap kegiatan pengabdian kepada masyarakat memiliki relevansi dan terkait dengan bidang keilmuan dan penelitian masing masing dosen.
  4. Setiap semester, semua program studi menyelenggarakan 1 (satu) kegiatan wirausaha yang menghasilkan tambahan pendapatan bagi program studi Akuntansi. Kegiatan wirausaha harus relevan dengan bidang ilmu Akuntansi, dengan melibatkan mahasiswa guna memberikan pengalaman wirausaha kepada mahasiswa.

Indikator Pencapaian Salah Satu Swasta Terbaik Tahun 2020:

  1. Semua dosen tetap program studi akuntansi pada tahun 2020 dan seterusnya, telah mempublikasin artikel hasil penelitiannya pada jurnal internasional, sesuai dengan kompetensi utama masing masing program studi dan sesuai roadmap penelitian masing masing dosen.
  2. Semua lulusan program studi akuntansi, sejak tahun 2020 dan seterusnya, pernah melakukan penelitian bersama dengan dosen tetap pada semua program studi.
  3. Semua lulusan program studi akuntansi, sejak tahun 2020 dan seterusnya, pernah mempresentasikan hasil penelitiannya di event tingkat nasional bertajuk “seminar nasional dan call for paper”.
  4. Semua lulusan program studi akuntansi, sejak tahun 2020 dan seterusnya, pernah melakukan pengabdian masyarakat bersama dengan dosen tetap program studi akuntansi.
  5. Pada tahun 2020 dan seterusnya, semua program studi di FEB sudah memiliki unit bisnis masing masing.
  6. Semua lulusan program studi akuntansi tahun 2020 dan seterusnya, pernah melakukan “Kampanye Nilai Nilai Pancasila” di Ruang Publik (Bundaran HI dan sekitarnya) pada hari Minggu saat Car Free Day, selama satu semester.

Program Studi Akuntansi memiliki konsentrasi utama adalah “Akuntansi Perpajakan” yang dilengkapi dengan berbagai mata kuliah dan pelatihan tentang perpajakan di Indonesia dan Internasional. Selain itu Program Studi Akuntansi juga mempelajari tentang “Pemeriksaan Akuntansi (Audit), Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal, Akuntansi Manajemen, dan Akuntansi Sektor Publik”. Kurikulum program studi akuntansi dirancang untuk mempersiapkan lulusan yang siap bekerja pada posisi strategis di berbagai sektor (Konsultan Pajak, Tax Manager, Accounting Manager, Auditor, Analis Saham, Controller, CEO, PNS di Pemerintahan Pusat ataupun Daerah, dll). Program Studi Akuntansi menjalin kerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), berbagai Kantor Akuntan Publik (KAP), dan berbagai Kantor Konsultan Pajak.

Lulusan Prodi Akuntansi mendapat gelar kesarjanaan SE (Sarjana Ekonomi). Program Studi Akuntansi memiliki Status Akreditasi B.

 

ILMU MANAJEMEN

Program Studi Manajemen memiliki konsentrasi utama “Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)”. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan untuk dapat menguasai cara-cara penyusunan perencanaan SDM, pengorganisasian, penyusunan staf, teknik kepemimpinan dan mengarahkan orang lain serta melakukan pengendalian dalam rangka mengelola organisasi atau perusahaan. Untuk mendukung kompetensi dan Soft Skill, mahasiswa diberikan juga pelatihan-pelatihan antara lain Communication, Negosiational Skill, Team Work, dan Leadership. Metode pembelajaran yang diberikan selain di ruang kelas juga dengan melakukan Company Visit, mendatangkan dosen tamu dari para praktisi dan kuliah umum. Untuk itu telah dijalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dan instansi seperti Kelurahan Tugu Utara Kecamatan Koja Jakarta Utara, PT Jaya Ancol, PT Wira Mitra Prima, PT Cahaya Madu Segara dan perusahaan lainnya.

Lulusan Prodi Manajemen mendapat gelar kesarjanaan SE (Sarjana Ekonomi). Program Studi Manajemen memiliki Status Akreditasi B.

 

 

 

 

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE