Site icon UTA'45 Jakarta

Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Pertimbangkan Teknik Elektro

Jurusan teknik merupakan salah satu yang paling banyak memiliki peminat. Prospek kerja yang bagus dengan gaji yang tinggi menjadi alasan kuat mengapa banyak calon mahasiwa baru mengambil jurusan ini. Salah satu jurusan teknik yang banyak digemari adalah teknik elektro. Kalau kamu kuliah jurusan teknik elektro, maka sebagian besar mata kuliahnya akan tentang listrik beserta komponennya. Lalu, hal apalagi yang perlu kamu tahu tentang jurusan teknik elektro?

Cocok untuk calon mahasiswa yang suka berhitung

Untuk kamu yang sangat suka dengan berhitung, maka teknik elektro adalah salah satu jurusan yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, mata kuliah jurusan ini berkisar tentang matematika, kimia, fisika, kalkulus, dan yang lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan juga mahasiswa yang teliti dan detail. Kalau kamu adalah tipe yang suka analisis, riset data, tekun, terstruktur, serta senang bekerja sendiri baik di laboratorium maupun lapangan, sudah pasti akan cocok dengan jurusan teknik elektro.

Memiliki banyak cabang ilmu pilihan

Saking banyaknya hal yang bisa dipelajari terkait listrik, teknik elektro memiliki cabang ilmu untuk kamu pilih. Setiap cabang ilmu teknik elektro ini juga memiliki prospek kerja di bidang yang berbeda-beda lho. Kamu harus tahu bahwa teknik elektro dibagi menjadi dua; arus kuat dan arus lemah. Arus kuat mempelajari listrik bertegangan tinggi, sedangkan arus lemah mempelajari tegangan rendah.

Di samping itu, teknik elektro juga dibadi menjadi teknik elektrik dan elektronika. Teknik elektrik mempelajari tentang sifat dan pemanfaatan listrik di berbagai aspek. Teknik elektronika mempelajari elektron dan pemanfaatannya.

Teknik elektro juga bisa dibagi menjadi teknik tenaga listrik yang fokus pada analisa pembangkit tenaga listrik dan konversi energi tebarukan. Teknik telekomunikasi untuk fokus pada wireless communication dan mobile communication. Serta teknik kontrol yang fokus pada robotika dan mekatronika.

Berkesempatan magang di industri besar

Teknik elektro adalah salah satu jurusan yang banyak membutuhkan praktik di dalam laboratorium maupun di lapangan secara langsung. Demi kebutuhkan praktikum tersebut, banyak universitas yang bekerja sama dengan industri besar untuk memperbolehkan mahasiswanya melakukan kunjungan atau bahkan program magang.

Contohnya kampus UTA 45 Jakarta yang mengadakan kerja sama dengan Indonesian Power UPJP, PT.CBN, PT. Festo, PT.ZTE, dan PT. Huawei untuk mendukung proses pembelajaran di teknik elektro. Kalau kamu mengambil jurusan ini, sudah pasti berkesempatan untuk praktik langsung di beberapa industri besar tersebut.

Prospek kerjanya memang menjanjikan

Keuntungan mengambil kuliah teknik elektro adalah peluang kerjanya yang sangat terbuka di berbagai bidang ketika kamu sudah lulus nanti. Teknik elektro berhubungan erat dengan perkembangan teknologi. Jadi, tidak ada namanya sarjana teknik elektro yang tidak memiliki peluang kerja, karena teknologi akan selalu berkembang dan membutuhkan sumber daya manusia untuk mengelolanya.

Sarjana teknik elektro, bisa bekerja di berbagai bidang industri. Mulai dari sebagai teknisi komunikasi, teknisi sonar dan radar, spesialis sistem jaringan, hingga ahli robotik. Tidak menutup kemungkinan juga untuk bekerja di industri telekomunikasi, manufaktur, pembangkit listrik, IT, hingga pertambangan dan perminyakan. Dari pilihan pekerjaannya saja, sudah bisa diperkirakan berapa gaji yang akan kamu dapat saat lulus nanti.

Kalau kamu sudah mantap untuk memilih teknik elektro sebagai jurusan kuliahmu, segera daftarkan dirimu di fakultas teknik UTA ’45 Jakarta. Fakultas teknik UTA ’45 Jakarta dilengkapi dengan laboratorium dengan fasilitas lengkap untuk mendukung proses pembelajaran. Selain itu, jangan takut untuk kuliah di kampus swasta karena UTA ’45 Jakarta menawarkan beasiswa untuk mahasiswanya yang berprestasi.