Site icon UTA'45 Jakarta

5 Rekomendasi Platform Kuliah Online yang Bisa Kamu Ikuti

Seperti kata pepatah, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Artinya, kamu harus tetap belajar dengan rajin dan tidak mudah menyerah. Beruntung, perkembangan ilmu dan teknologi yang ada semakin memudahkan proses belajar yag efektif. Kamu tak harus pergi jauh ke Cina untuk mendapatkan ilmu. Melalui kuliah online, kamu bisa mewujudkan mimpi untuk belajar di jenjang perguruan tinggi, mulai yang berstandar nasional hingga internasional sekali pun. Berikut rekomendasi platform kuliah online yang bisa kamu ikuti.

EDX

Kuliah online yang pertama ini menghadirkan sistem kursus EDX, di mana kegiatan belajarnya menggunakan video-video pendek interaktif yang diselenggarakan mingguan. Sebagai peserta pembelajaran, kamu bisa langsung mempraktikkan konsep yang diajarkan melalui video interaktif tersebut. Tentu saja, kamu bisa mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan peserta lainnya seperti di dalam ruang perkuliahan pada umumnya.

MIT OCW (Open Course Ware)

Diselenggarakan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), kuliah online bertaraf internasional ini menawarkan kelas untuk berbagai program studi. Tersedia pilihan kelas untuk jurusan aernautika, ilmu hukum, ilmu humaniora, dan lain sebagainya. Sejak didirikan mulai tahun 2001 silam, MIT OCW telah diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta dengan latar belakang minat studi yang berbeda. Tak hanya menyediakan materi perkuliahan untuk S1, kamu juga bisa menemukan materi belajar yang ditujukan untuk program pascasarjana (S2).

Udemy

Udemy merupakan sebuah situs kuliah online yang menyediakan materi pembelajaran seputar IT dan Pemrograman. Buat kamu yang bercita-cita untuk menjadi seorang programmer profesional, Udemy tentu menjadi pilihan tempat belajar yang tepat. Cara mengikuti kuliah online di Udemy pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat akun, menyelesaikan kursus yang tersedia dalam bahasa Inggris, dan dapatkan sertifikat bergengsi dari Udemy. Pilih sendiri kelas yang sesuai dengan kebutuhanmu, baik yang gratis ataupun berbayar.

Udacity

Berbeda dari situs kuliah online sebelumnya, Udacity ditujukan untuk kamu yang ingin menjadi seorang entrepreneur sejati. Terlebih apabila kamu sudah bermimpi untuk mendirikan start-up berbasis digital. Nah, di Udacity ini kamu bisa mendapatkan materi yang menarik untuk mengembangkan produk potensial, serta mempelajari cara-cara menghasilkan profit dari produk tersebut. Belajar bersama Udacity memungkinkan kamu menjadi seorang entrepreneur sukses tanpa perlu menghabiskan banyak biaya untuk kuliah.

HubSpot Academy

Mau belajar marketing dengan mudah tanpa perlu menghabiskan banyak uang? Kamu bisa mengakses platform kuliah online yang disediakan oleh HubSpot Academy. Sejak situs kuliah online ini dibuka untuk umum pada tahun 2012 lalu, ada ratusan marketer yang menjadi peserta belajar di sana. HubSpot Academy menyediakan materi belajar seputar inbound marketing dan sales yang tersedia dalam empat bahasa. Situs ini bahkan menyediakan sertifikat bagi peserta yang juga dapat dijadikan modal mencari kerja. Keren banget, kan?

Di UTA 45 Jakarta, kamu juga bisa belajar dari jarak jauh melalui program e-Learning yang memanfaatkan aplikasi software MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Software canggih yang digunakan UTA 45 Jakarta dalam kuliah online-nya tersebut berperan sebagai LMS (Learning Management System). Lebih lanjut, program kuliah online ini bisa dijalankan menggunakan Sistem Operasi CentOS 7 Linux.

Penasaran seperti apa? Silakan kunjungi https://www.uta45jakarta.ac.id/elearning/. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan kelas kuliah online yang kamu impikan!