Site icon UTA'45 Jakarta

5 Langkah Mudah Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Beberapa waktu yang lalu, kamu tentu mendengar kabar salah satu artis Indonesia, Maudy Ayunda, yang diterima di dua universitas bergengsi luar negeri sekaligus. Pencapaian ini tentu sangat membanggakan bagi diri Maudy Ayunda serta membuat banyak anak muda iri untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

Saat ini, sudah banyak beasiswa kuliah luar negeri yang ditawarkan untuk pelajar Indonesia, baik untuk program sarjana, magister, atau doktor. Kalau kamu bercita-cita untuk mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri, simak tipsnya di artikel kali ini!

Perbanyak koneksi dan relasi

Untuk bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa kuliah luar negeri, salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak koneksi serta relasi. Cobalah bangun koneksi dengan temanmu yang mungkin saja tahu banyak info tentang beasiswa kuliah luar negeri. Atau mungkin juga dari kakak kelas yang berkuliah di luar negeri. Rekan kerja ayah atau ibunya juga bisa jadi adalah orang yang tahu banyak tentang kuliah di luar negeri. Untuk itulah, jangan menutup diri dan bangun banyak koneksi.

Rajin cari info beasiswa luar negeri

Di samping memiliki banyak relasi yang membuka jalanmu untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri, kamu juga harus rajin-rajin mengecek website resmi lembaga pemberi beasiswa, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Kalau kamu sudah punya kampus incaran, sering-seringlah melihat website resmi mereka. Siapa tahu ada lowongan beasiswa yang cocok untukmu.

Persiapkan persyaratan dasar

Bila kamu sudah menentukan program beasiswa apa yang akan diambil, serta sudah memiliki universitas dan program studi tujuan, segera lengkapi persyaratan pendaftarannya. Setiap universitas di luar negeri tentu memiliki persyaratan pendaftaran yang berbeda-beda. pastikan kamu mencatat semua dokumen persyaratan agar tidak ada satupun yang tertinggal. Jangan sampai ada satu dokumen yang terlewat karena akan memengaruhi kesempatanmu untuk diterima beasiswa kuliah luar negeri.

Perhatikan juga bagaimana kamu harus mengirimkan dokumen persyaratan tersebut ke universitas yang berada di luar negeri. Seringnya, kamu diminta untuk melampirkan dokumen pendaftaran melalui e-mail atau website resmi universitas tersebut, Kalau begini, itu artinya kamu juga harus siap dengan dokumen yang sudah di­-scan dalam bentuk file.

Tingkatkan kualitas diri

Keinginanmu untuk berkuliah di luar negeri, haruslah diiringi dengan perbaikan kualitas dan kemampuan diri. Mendaftar kuliah di luar negeri, itu artinya kamu siap bersaing dengan ribuan atau bahkan jutaan calon mahasiswa lain dari berbagai belahan dunia. Kalau di Indonesia saja persaingan masuk kampus favorit saja sudah kamu anggap susah, maka mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri akan lebih berkali-kali lipat lagi susahnya.

Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi persaingan yang ketat ini. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Tidak mungkin bisa kuliah di luar negeri kalau kamu tidak mahir berbahasa Inggris, Di samping itu, banyak-banyaklah belajar dan menambah ilmu pengetahuan agar kamu bisa lebih unggul dari para pesaingmu.

Buat motivation letter yang tak biasa

Satu hal yang sangat berpengaruh pada penerimaan beasiswa kuliah luar negeri adalah motivation letter. Ini menjadi salah satu persyaratan yang kebanyakan akan diminta oleh kampus luar negeri ketika kamu melamar beasiswa. Intinya kamu akan diminta untuk menuliskan alasan mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut serta seberapa qualified­-nya dirimu. Buat ­esai semenarik mungkin, dan jangan katakan hal-hal biasa yang akan digunakan oleh pelamar lain.

Pada intinya, beasiswa kuliah luar negeri membutuhkan persiapan yang matang dari dirimu. Percaya diri juga akan menjadi kunci penting kesuksesanmu meraih cita-cita, Selamat berburu beasiswa ya!