Site icon UTA'45 Jakarta

5 Beasiswa Dalam Negeri untuk Lulusan SMA yang Wajib Kamu Tahu

Mendapatkan pendidikan di jenjang tertinggi adalah impian bagi setiap orang. Termasuk pula bagi putra-putri terbaik bangsa ini. Namun, keadaan ekonomi terkadang membuat para lulusan SMA beprestasi sulit untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang bisa memanfaatkan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Beasiswa kuliah untuk lulusan SMA apa saja yang bisa kamu daftar untuk kuliah dalam negeri? Berikut lima di antaranya.

Beswan Djarum

Beswan Djarum adalah beasiswa yang paling populer di Indonesia dan peminatnya juga meningkat dari tahun ke tahun. Beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation ini sudah ada sejak tahun 1984 lalu. Saat kamu mendapatkan beasiswa ini tidak hanya biaya atau dana kuliah selama satu tahun saja. Lebih dari itu kamu juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan dan pengembangan diri. Contohnya saja adalah pelatihan nation building, character building, leadership development, competition challenger, dan ada pula international exposure.

Sampoerna Foundation

Beasiswa kuliah untuk lulusan SMA yang juga banyak diminati ialah Beasiswa Sampoerna Foundation. Diberikan oleh PT HM Sampoerna, Tbk. dengan tujuan untuk para pelajar di Indonesia yang memiliki prestasi gemilang. Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus memiliki tekad dan semangat yang tinggi untuk membangun negeri di masa mendatang.

Bentuk beasiswa yang bakalan kamu dapatkan adalah meliputi biaya kuliah selama empat tahun. Termasuk uang saku, uang tunjangan untuk buku dan tunjangan biaya penggunaan internet. Beasiswa Sampoerna Foundation dimulai sejak tahun 2001 lalu dan masih berjalan hingga sekarang. Tercatat ada lebih dari 300.000 putra dan putri terbaik Indonesia yang sudah mendapatkan beasiswa ini sejak pertama kali diadakan.

ORBIT – Hasri Ainun Habibie

Selanjutnya kamu bisa memilih Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie yang sudah ada sejak tahun 1992 lalu. Pada awalnya, yayasan penyedia beasiswa ini bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT. Kemudian pada tahun 2011 lalu namanya berganti menjadi Yayasan Amal Abadi ORBIT Hasri Ainun Habibie yang ditujukan sebagai penghormatan bagi alamrhum Ibu Hasri Ainun Habibie. Kategori beasiswa ini ada dua yakni unggulan dan reguler. Kategori reguler diberikan kepada lulusan SMA yang ingin kuliah berupa biaya pendidikan Rp750 ribu per bulannya dalam satu tahun ajaran.

Beasiswa Bidik Misi (BBM)

Masih ada lagi beasiswa kuliah untuk lulusan SMA yang bisa dipilih seperti Beasiswa Bidik Misi yang diberikan pemerintah melalui DIKTI. Beasiswa akan dibayarkan pada perguruan tinggi berupa uang saku, tunjangan buku, uang saku yang diberikan tiap satu semesternya. Untuk D3 beasiswa diberikkan selama enam semester, sedangkan untuk D4 maupun S1 beasiswa ini diberikan selama delapan semester. Batasan pendaftaran Beasiswa Bidikmisi maksimal adalah sebelum masuk dalam semester kedua masa perkuliahan.

Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia Kemenlu RI

Bagi kamu yang punya bakat di bidang seni dan budaya, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Dalam beasiswa ini kamu akan mendapatkan pembiayaan pendidikan khususnya mendalami tentang seni dan budaya Indonesia.

Bagi yang terpilih, nantinya akan ditempatkan di beberapa daerah seperti Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Jogjakarta. Adapun pendanaan yang ditanggung antara lain biaya pendidikan dan pelatihan, transportasi dan akomodasi serta tunjangan penuh tiap bulan Rp2 juta.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk mendaftar beasiswa kuliah untuk lulusan SMA di atas? Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih jurusan di kampus terbaik untuk kuliahmu nanti ya! Semoga bermanfaat.